Ayam dan Timun, Pasangan Lalapan Sehat

Ayam dan Timun, Pasangan Lalapan Sehat - Sudah menjadi ciri khas di warung-warung makan lalapan, baik yang lesehan ataupun “dudukan”, bahwa menu yang disajikan biasanya dilengkapi dengan sayuran-sayuran mentah seperti daun kemangi, timun, irisan kubis, dsb. Itulah kenapa disebut “lalapan”.

ayam timun lalapan sehat

Namun sebagian orang ada yang hanya menyantap lauknya, tapi lalapan nya dibiarkan merana. Entah karena memang tidak suka, atau menganggap keberadaan timun dan kawan-kawannya itu hanya hiasan untuk mempercantik sajian.

Padahal ada fakta penting yang perlu kamu ketahui seputar menu lalapan ini, terutama bagi pecinta ayam. Kalau kamu hobi makan ayam, jangan lupakan lalapan nya, khususnya timun. Mengapa?


Fakta Penting Seputar Daging Ayam (Bakar/Goreng)


1. Daging ayam merupakan sumber protein hewani rendah serat yang dapat menyebabkan sembelit atau susah buang air besar (BAB).

2. Daging ayam (dan utamanya bagian kulit) kaya kandungan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Konsumsi berlebihan terlampau sering tanpa memperhatikan kombinasi makanan dapat sebabkan tubuh mudah letih karena aliran darah kurang lancer.

4. Tidak jarang, konsumsi daging ayam tiap hari tanpa memperhatikan kebutuhan serat dapat menyebabkan keadaan mudah terserang kantuk karena aliran darah ke otak kurang lancer.


Oleh karena itu ...

Alasan Wajib Makan Lalapan Timun Setelah Makan Daging Ayam


1. Kandungan terbesar dari timun, yaitu air dan serat bermanfaat untuk mencegah sembelit/konstipasi (sulit BAB).

2. Timun efektif menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) Kolesterol jahat dalam tubuh yang membahayakan fungsi jantung.

3. Timun kaya kandungan Potassium yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh diantaranya adalah untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh, menetralisir tingkat keasaman hingga menjaga fungsi otot.

4. Timun mengandung zat anti peradangan, fisetin. Zat ini bermanfaat untuk menjaga fungsi otak tetap optimal. Termasuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.


Beberapa manfaat yang diurai diatas hanya manfaat dan kegunaan timun secara umum dan hubungannya dengan konsumsi daging ayam yang banyak kita jumpai pada menu lalapan. Namun, masih banyak lagi manfaat Timun untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh.


Nah lo, sudah tahu kan pentingnya timun untuk kesehatan, khususnya bagi pecinta ayam. Imbangi menu santapan ayam dengan timun untuk menetralisir kemungkinan buruk yang akan terjadi. Mulai sekarang, jangan lagi memandang sebelah mata lalapan. Mungkin itu memang sudah pasangannya.

6 komentar

wah enak nih kayaknya, jadi laper liat makan kayak gini, makasih ya informasinya,salam kenal.
http://deqwan1.blogspot.com/

:D wahh.. kebetulan sy jg suka lalapan bro.. :) tapi kadang2 ada juga timun yg pahit jadinya nggak sy makan.. hahaha
http://sirbeh.blogspot.com

kapan2 traktir saya ya bro... haha

Baru ngerti gan manfaat timun :) biasanya sih enggak saya makan :D

masiptek.blogspot.com

Wow keliatannya enak tuh, jadi kepengen nyobain.. :D

Jika berkenan, silahkan kunjungi blog sederhana ini http://puloblog.blogspot.com


EmoticonEmoticon