Manfaat Sarang Burung Walet bagi Kesehatan

Di China, Negara yang terkenal dengan ramuan-ramuan dan ilmu ketabiban, Sarang burung walet sudah dikenal secara luas selama berabad-abad lamanya. Selain sebagai makanan yang lezat, sarang burung wallet ini juga memiliki berbagai khasiat atau manfaat bagi kesehatan. Diantaranya adalah untuk mencegah penuaan dan mendongkrak gairah. Bahkan, konon sup sarang burung walet adalah makanan yang mewah dan istimewa di kalangan dinasti di China. Sehingga harganya pun juga sangat mahal.

Sarang burung walet terbentuk dari air liur burung walet itu sendiri, atau istilah kerennya disebut saliva. Harganya seperti kita tahu sangat mahal, per kilogram seharga jutaan tergantung kualitasnya.

Nilai gizi yang terkandung di dalamnya sangat banyak. Kaya antioksidan, protein tinggi, dan beberapa hormon penting lainnya bagi kesehatan manusia. Selain itu juga mengandung karbohidrat dan sedikit lemak.

Manfaat Sarang Burung Walet


Beberapa Khasiat dan Manfaat Sarang Burung Walet


Dapat Melawan Radikal Bebas


Selain kaya akan atioksidan, sarang burung walet juga kaya asam amino. Dua zat ini sangat penting dalam melawan radikal bebas.

Untuk Kesehatan Reproduksi


Juga bermanfaat dalam menyehatkan sistem reproduksi. Sebagaimana penelitian yang dipublikasikan oleh Chinese University of Hong Kong tahun 2003. Hal ini karena sarang burung walet bekerja mengoptimalkan fungsi tubuh dan hormon. Sehingga system reproduksi juga berjalan optimal.

Kecantikan Kulit


Para wanita banyak menggunakan manfaat yang satu ini. Karena memang dalam sarang burung walet terdapat salah satu unsur, yaitu kolagen yang akan membuat kulit tampak cantik, kencang, halus, dan berseri-seri. Khusus untuk ibu hamil, memperbanyak konsumsi sarang burung walet ini memungkinkan sang bayi akan memiliki kulit yang halus dan mulus.

Mempercepat Regenerasi Sel


Protein dan mineral yang terkandung di dalamnya membantu regenerasi dan pertumbuhan sel-sel tubuh. Penelitian juga telah membuktikan bahwa di dalamnya terkandung Epidermal growth factor (EGF). Sehingga di China, sering dijadikan resep untuk mengatasi masalah pertumbuhan yang tidak jelas sebabnya.

Selain beberapa manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat mengkonsumsi sarang burung walet bagi kesehatan tubuh yang bisa kita peroleh. Di antaranya, mampu meningkatkan system metabolisme tubuh karena kandungan gilkoprotein di dalamnya, meningkatkan nafsu makan, memperkuat paru-paru dan ginjal, mencegah dan membantu mengobati kanker, meningkatkan fungsi jantung, membantu menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lagi.

Maka wajar, dengan banyaknya manfaat atau khasiat yang ada, sarang burung walet ini menjadi istimewa dan sangat mahal harganya. Sungguh tiada yang sia-sia pada setiap ciptaan Tuhan.


EmoticonEmoticon