Varian Baru Batu Akik dari Lampung

Varian Baru Batu Akik dari Lampung - Fenomena batu akik sekarang menjamur di mana-mana. Bahkan orang yang tidak begitu paham dan tertarik dengan batu akik pun terpaksa harus terbawa arus boomingnya fenomena ini. Minimal tahu buat bahan obrolan dengan kawan-kawan lainnya yang notabene mengagumi batu mulia ini. Gak keren kan kalau misalnya berada di komunitas tertentu dan yang diobrolkan masalah batu akik. Dan kita diam saja karena tidak banyak wawasan tentang topik ini.

Di berbagai daerah bisa kita saksikan betapa ngetrennya batu akik. Lihat saja di pinggiran-pinggiran jalan, sekarang bukan saja diramaikan pedagang kaki lima, tapi juga oleh para penjual batu akik.

Fenomena ini juga menjadi ajang bagi masing-masing daerah menampilkan pesonanya, saling berlomba-lomba menunjukkan kekayaan batu logamnya. Maka tidak heran, semakin hari kita saksikan semakin banyak varian baru batu akik yang muncul dari berbagai daerah Salah satunya adalah daerah Lampung.

Baru-baru ini muncul beberapa varian baru batu akik yang berasal dari daerah lampung. Lampung ingin menunjukkan kepada publik bahwa “Kita Juga Punya”.

3 Jenis Batu Akik Baru dari Lampung


Ada tiga jenis batu akik menarik dan unik yang baru-baru ini ditemukan dan menjadi daya Tarik para pecinta batu mulia untuk memburunya.

1. Pink Ladies


batu akik pink ladies

Batu pink ladies ini berwarna merah muda solid dengan titik-titik kehitaman pada tekstur warnanya. Jenis batu ini hampir mirip dengan batu dari Kalimantan yang juga sedang naik daun saat ini, yaitu red borneo. Secara umum memang mirip, hanya tempat penemuannya yang berbeda. Jadi kalau kamu ingin tahu ciri-cirinya kurang lebih sama dengan Ciri-ciri batu Red Borneo.

2. Batu Anggur Api


batu akik anggur api

Kemudian ada batu anggur api. Batu ini merupakan batu endemik dari Kabupaten Waykanan, Lampung. Orang sering menyebutnya batu anggur api waykanan. Yang menjadikan batu ini banyak peminat adalah karena keunikannya. Batu ini mempunyai gewang atau refleksi cahaya yang menyerupai lidah api. Sehingga batu ini juga dikenal dengan batu anggur lidah api, Bahasa kerennya fire chalcedony.

Warna jenis batu ini beragam. Ada warna yang bening, putih susu, kuning, orange, perpaduan kuning merah, purple, dan sebagainya. Tapi yang paling popular dan menjadi ciri khas batu ini adalah batu anggur api yang berwarna putih. Di bagian dalamnya ada semacam cangkang telur, dan jika disinari cahaya akan terlihat lidah api. Menarik bukan?

Dari segi pengolahan, jenis batu anggur api ini tidak terlalu sulit. Asal sudah biasa mengolah batu pasti mudah mengatasinya. Berbeda dengan batu selanjutnya di bawah ini.

3. Giok Alpukat


batu akik giok alpukat

Satu lagi varian batu akik baru asal Lampung yang unik dan menarik. Dikenal dengan nama Giok Alpukat, karena warnanya yang memang terlihat seperti warna alpukat. Istilah kerennya Giok Avocado. Batu ini ditemukan di daerah perbukitan Tanggamus, Lampung pada Februari 2015.

Tidak seperti batu anggur api yang mudah diolah, batu giok alpukat ini agak sulit karena ringkih dan mudah retak. Sehingga butuh kehati-hatian, ketelatenan, dan teknik khusus untuk mengolah batu ini. Salah sedikit bisa rusak.

Itulah ketiga jenis varian baru batu akik yang ditemukan di Lampung. Indonesia memang kaya akan segalanya. Mari kita eksplor dengan bijak dan tetap jaga kelestarian lingkungan alam kita.



EmoticonEmoticon