Karakteristik Batu Akik Red Borneo

Karakteristik Batu Akik Red Borneo - Luar biasa ya fenomena batu akik ini. Dari bocah sampai simbah semua sedang gila batu akik. Bahkan di situs jual beli online sekarang dibanjiri dengan iklan-iklan batu. Mulai dari harga pelajar sampai harga superstar ada semua. Bahkan sebagian orang sekarang merasa ada yang kurang, gengsi kalau belum punya batu akik.

Kalau kamu mengaku pecinta batu akik, harus tahu dengan yang satu ini. Red Borneo, batu warna merah asal Kalimantan ini banyak diburu oleh para penggemar batu akik. Batu ini ditemukan di daerah Mandi Angin, Karang Intan, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan. Red Borneo juga dikenal sebagai batu bacan nya Kalimantan. Batu mulia ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga borneo sebagai icon batu mulia berkelas. Namun baru-baru ini juga muncul varian batu akik baru mirip red borneo.

Batu Akik Red Borneo

Sebenarnya varian warna Red Borneo beragam. Ada merah, kuning, hijau, dan sebagainya. Tapi yang paling diburu oleh penggila batu dan kolektor adalah yang merah. Baik yang merah muda ataupun merah tua. Seperti batu bacan yang banyak digandrungi itu, semakin hari Red Borneo juga bisa terlihat menarik dan menawan jika dirawat dengan baik. Karena kualitasnya yang sangat bagus.

Ciri-ciri Batu Akik Red Borneo


Ada tips untuk mengenali keaslian batu ini. Pertama, saat pembelian periksa juga tingkat kekerasannya. Pastikan sesuai dengan standar yang berlaku, yaitu 5,5 sampai 6,5 skala Mohs. Jika kurang atau lebih dari itu, tahan dulu. Jangan-jangan itu imitasi.

Kemudian, batu Red Borneo kualitas terbaik adalah yang berwarna merah cerah, tidak ada bercak hitamnya. Kalau ada titik-titik hitamnya berarti itu yang kualitas rendah, sehingga harganya juga seharusnya lebih murah. Selain itu, karakter warna batu ini juga tidak kusam, warnanya terlihat hidup dan enak dipandang. Perhatikan juga, apakah warna itu hasil rekayasa atau bukan.

Dari segi kandungan, Red Borneo tidak memiliki kandungan kapur. Juga tidak ada retakan, mulus, mengkilap, dan seratnya halus. Sebaiknya minta diperiksa dulu ke ahlinya untuk tahu kandungan kapurnya.

Ini ciri yang paling mudah, Red Borneo asli akan tetap tembus cahaya, meskipun dengan pencahayaan yang lemah. Kalau tidak tembus cahaya, kamu perlu curiga.

Untuk harga, Red Borneo kualitas rendah di kisaran 100rb an. Sementara untuk kualitas terbaik bisa sampai 70an juta.

Jadi kesimpulannya, kenali jenis batu yang kamu idamkan. Kalau perlu minta tolong kepada ahlinya untuk mengetahui keasliannya. Ini kalau kamu serius sebagai penggila batu atau kolektor. Tapi kalau hanya sekedar buat gaya, tidak peduli apa jenisnya yang penting kelihatan bagus, ya kamu tidak perlu mengkhawatirkan tentang detail batu itu.


Oke, sekian dulu. Sekarang tunjukkan di komentar, mana batu akikmu? Hehe..


EmoticonEmoticon