Tips Supaya Terhindar dari Bahaya Radiasi Hp

Tips Terhindar dari Bahaya Radiasi Hp - Saat ini, hp bukan hanya menjadi gaya hidup, tapi sudah seperti anggota badan tambahan yang menyatu dengan tubuh. Setiap saat tangan kita menggenggam hp. Bukan hanya untuk dua fungsi primernya, sms dan telepon, tapi juga untuk aktifitas-aktifitas lain seperti gaming, browsing, sosmed, drawing, mencatat diary, dan sebagainya. Namun, pernahkah kita berpikir bahwa bahaya radiasi hp bagi kesehatan sedang mengancam.
tips terhindar dari bahaya radiasi hp

Cara Menghindari Bahaya Radiasi Hp


Untuk itu, Berikut ini ada beberapa tips untuk Menghindari Bahaya Radiasi Hp yang perlu kita perhatikan agar keselamatan dan kesehatan kita juga terjamin dari bahaya radiasi hp yang kita gunakan.

1. Pergunakan headset ketika menelepon atau menerima telepon


Sebaiknya gunakan headset yang berkabel, karena headset dengan Bluetooth/ wireless juga tidak baik jika digunakan terus-menerus, karena radiasi hp yang diproduksinya. Menggunakan headset saat berbicara lewat ponsel/handphone yang kamu miliki berfungsi menjauhkan sumber radiasi pada ponsel dari kepala kita.

2. Jangan menelepon atau menerima telepon terlalu lama


Radiasi hp akan meningkat saat melakukan panggilan telepon. Jadi usahakan agak menjauhkan hp dari telinga saat memanggil teman lewat ponsel, dan mendekatkan ke telinga saat suara teman sudah terdengar. Dengan tujuan meminimalisir radiasi hp saat menelepon.

Manfaatkan SMS, Whats App, Line, Skype, dan lainnya yang tidak perlu terlalu banyak menempelkan hp ke wajah atau telinga kita.

3. Jangan menelepon di saat sinyal lemah


Jangan menggunakan atau menelepon teman di hp saat kondisi sinyal ponsel lemah. Karena saat sinyal lemah, maka hp akan berusaha mencari sinyal dengan keras. Sehingga menambah radiasi hp.

4. Jangan menelepon ketika berada di mobil atau lift


Usahakan jangan menelepon orang lain saat berada di mobil atau di lift. Ini dikarenakan, ponsel akan menggunakan daya lebih atau besar saat digunakan di ruang berlogam dengan kondisi tertutup seperti di mobil maupun di lift. Sehingga radiasi hp yang dikeluarkan juga besar.

5. Pilih handphone dengan tingkat radiasi rendah


Tips ketujuh yaitu belilah ponsel/handphone dengan tingkat radiasi yang rendah. Ini mungkin salah satu alternatif yang dapat diambil untuk mengurangi bahaya radiasi hp yang bisa menimpa lewat penggunaan hp.

6. Pergunakan Casing Penahan Radiasi


Kekhawatiran radiasi ponsel belakangan memunculkan casing berkemampuan khusus yang diklaim bisa meminimalisir hantaran radiasi hp. Jika dirasa perlu, mungkin kamu bisa mencarinya di pertokoan.

7. Diam Kala Menelpon


Ketika menerima telepon sebaiknya tidak berjalan-jalan. Pasalnya, dalam keadaan bergerak sinyal ponsel akan terus mencari pancaran sinyal yang kuat dari Base Transceiver Station (BTS). Aktivitas ini justru akan menguatkan radiasi.

8. Sudut Ruangan


Hindari menerima telepon di sudut ruangan. Sudut ruangan yang biasanya sepi namun di sisi lain terkadang juga menjadi tempat di mana sinyal telepon menjadi lemah. Nah, sinyal yang lemah justru dikatakan memicu radiasi yang lebih tinggi.

9. Gunakan Dua Telinga


Hindari penggunaan satu bagian telinga ketika bertelepon. Misalnya, selalu menerima telepon dengan telinga bagian kiri saja. Menurut para ahli, hal ini justru tidak baik. Manfaatkan kedua telinga untuk meminimalisir radiasi hp yang terpancar.

10. Pilih offline mode


Saat ponsel tidak digunakan, biasakan untuk mematikannya. Atau, atur menjadi offline,> standalone, atau flight mode, yang akan mematikan transmitter-nya namun masih memungkinkan kamu untuk menggunakan hp untuk main game atau mendengarkan musik. Pokoknya, membuka aplikasi lain kecuali menelepon dan browsing internet. Penting juga untuk menghindari bahaya radiasi hp saat tidur dengan langkah tersebut.

11. Kurangi bermain-main dengan smartphone


Perangkat seperti Smartphone menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada hp, karena mereka bergantung pada energi dari baterai untuk melakukan aktivitas e-mail, koneksi internet, dan men-display warna.

Semoga tips menghindari bahaya radiasi HP ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca, sehingga bisa lebih bijak dalam menggunakan hp. (Baca juga: Hati-hati, Tidur dekat hp berbahaya bagi kesehatan)


EmoticonEmoticon