Selamat Jalan Jogja...

Tags

Selamat Jalan Jogja - Malam ini akan menjadi malam terakhir saya di Jogja, Karena besok malam saya sudah menghirup udara pulau lain, Kalimantan. Tepatnya di Banjarmasin. Mendadak sisa waktu di Jogja ini menjadi sangat berharga daripada biasanya, setiap detiknya menjadi sangat penting untuk dilewatkan. Waktu terasa melambat, seperti efek slow motion. Hehe..

Tidak terasa sudah lima tahun bermukim di Jogja, “kota yang penuh warna”, begitu saya menyebutnya. Ada yang bilang Yogyakarta kota Budaya, Kota Pendidikan, Kota Kesenian, Kota Wisata, dan sebagainya. Tapi bagi saya Jogja adalah “kota penuh warna”, segalanya bisa kita dapatkan di Jogja, tidak hanya pendidikan atau budayanya. Maka sangat tepat jika kata “istimewa” disematkan kepada kota satu ini.

Rasanya baru kemarin bertemu dengan mereka, teman yang sekaligus keluarga bagi saya selama di Jogja ini. Rasanya baru kemarin kami saling kenal, dan tiba-tiba sekarang sudah berpencar ke mana-mana. Waktu memang tidak kenal kompromi. Entah kita gunakan untuk hal yang bermanfaat atau tidak, waktu akan terus bergulir. Ada yang pulang ke kampung halaman, ada yang melanjutkan studi, ada yang menyempurnakan separuh agamanya (menikah), ada yang mencari pengalaman merantau ke pulau seberang (seperti saya), ada juga yang mencari pengalaman merantau ke Negara tetangga. Yah, begitulah situasi yang lazim dialami setelah selesai sarjana. Kata orang, inilah saatnya kami terjun ke dunia real, dunia yang sangat jauh berbeda dengan dunia selama kita menempuh pendidikan di kampus.

Ngomong-ngomong masalah merantau ke Negara tetangga, kebetulan salah satu teman saya sore ini berangkat ke Thailand, menjadi tenaga pengajar di sana. Karena memang ada kerjasama antara pihak Thailand dengan Kampus saya setiap tahunnya. Beberapa teman saya yang lain juga sudah mendahului menyeberang ke Negeri gajah itu beberapa bulan yang lalu. Saya juga sebenarnya salah satu yang berminat dengan program mengajar di Thailand ini. Tapi karena informasinya datang setelah saya sudah teken kontrak dengan salah satu sekolah di Banjarmasin ya sudahlah, biar bagiannya teman-teman yang lain. Saya percaya, di manapun itu asal niat kita lurus insyaallah selalu diberikan jalan kemudahan oleh yang maha kuasa.

Sudah cukup banyak kenangan selama di Jogja ini, baik yang menyenangkan maupun yang menjengkelkan. Kini saatnya mengukir kenangan baru di tempat lain. Tempat baru, suasana baru, dan bersama orang-orang baru.

Terimakasih saya ucapkan kepada teman-teman yang selama lima tahun ini sudah menjadi bagian dari kisah suka duka saya. Juga kepada tempat-tempat makan dan tongkrongan yang selama ini menjadi saksi bisu suka duka dan kegalauan saya selama di Jogja ini, ada Angkringan Klangenan, Angkringan Pakde, Warung Makan Bugisan, Lesehan Bugisan, Warung-warung Burjo, dan masih banyak lagi. Ketika perasaan ini sedang tidak terkendali, kegelisahan menghantui, tidak bisa berbagi kepada sesama, dan sress stadium tinggi, kalianlah para makanan, dengan bahasa tanpa kata-kata mampu menyumbat lapar sekaligus kegalauan dan kegelisahan saya.

Akhirnya, selamat jalan Jogja dan sampai jumpa lagi.

1 komentar so far

selamat anda sudah sarjana, semoga saya menjadi sarjana, amin.
Blogwalking :) baju eksklusif pamma---> pammadistro.blogspot.com


EmoticonEmoticon