Tips Sehat dan Tetap Bersemangat Saat Berpuasa

Tips puasa sehat - Tidak terasa sebentar lagi akan bersua dengan bulan yang penuh berkah, bulan Ramadhan. Puji syukur kita haturkan kepada Allah karena masih diberikan kesempatan untuk kembali bersua dengan Ramadhan, kesempatan untuk memperbaiki kualitas puasa Ramadhan yang barangkali belum sempurna pada tahun sebelumnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips puasa sehat, sederhana tapi penting untuk untuk menjaga kebugaran dan keseimbangan tubuh selama aktifitas puasa. semua orang pasti ingin sehat, termasuk saya, anda, dan kita semua.

tips puasa sehat

Tips Puasa Sehat dan Tetap Bersemangat dengan Sports Theraphy


Pada umumnya ketika sudah masuk bulan Ramadhan kebanyakan dari kita anti terhadap aktifitas olahraga. Takut tidak kuat menjalankan puasa penuh seharian, takut dehidrasi, dan takut dengan kekhawatiran lainnya. Padahal puasa bukan bertujuan untuk membuat kita lemah, membuat kita lesu dan tidak bersemangat. Apalagi sebagai pembenaran untuk bermalas-malasan sehingga mempengaruhi efektifitas kerja sehari-hari.

Nah, bagaimana caranya agar dalam kondisi sedang berpuasa kita tetap bersemangat dan tidak lesu?  Jawabnya adalah dengan salah satu tips puasa sehat melalui sports therapy yaitu program pengobatan yang menggunakan olahraga terukur dan dilakukan secara teratur tanpa harus memberatkan fungsi tubuh yang sedang berpuasa. Terukur di sini maksudnya, selama berlatih menggunakan denyut jantung sebagai ukuran intensitas latihan, sehingga latihan tersebut tidak perlu berat dan juga tidak perlu menyebabkan timbulnya dehidrasi.

Jenis latihan yang dilakukan adalah dengan cara jalan cepat pada saat selesai sahur selama kira-kira tiga puluh menit atau lebih yang akan membawa manfaat peningkatan kemampuan jantung dan paru-paru yang baik untuk penderita hipertensi, kolesterol tinggi, gangguan jantung ataupun obesitas. Akan lebih nikmat jika dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga kita, ajak anak istri serta saudara-saudara kita untuk menjadi kuat dan semangat sekalipun dalam keadaan sedang menjalankan puasa. Manfaatkan bulan Ramadhan sebaik-baiknya, Bila pada hari-hari biasa kita sibuk dengan pekerjaan kita masing-masing, maka pada bulan Ramadhan inilah kesempatan kita merajut kembali kersamaan bersama keluarga kita dan juga kesehatan keluarga.

Efek kebugaran yang dihasilkan tips puasa sehat dengan sports theraphy ini akan dirasakan saat bekerja, di mana siang hari yang biasanya menimbulkan rasa kantuk yang tak tertahankan, akan hilang dan membuat kinerja tubuh tetap baik bahkan meningkat meski sedang berpuasa. Tubuh yang biasanya merasakan pegal dan kaku karena tidak berani berolahraga gara-gara puasa juga akan hilang karena tubuh tetap beraktivitas dan melatih kelenturan otot-otot sehingga kebugaran otot dan tulang tetap terjaga denga baik.

Lalu bagimana dengan keringat yang keluar saat melakukan sports therapy? Apa tidak berbahaya akan menimbulkan dehidrasi padahal seharian penuh kita tidak makan dan minum? Jawabannya tentu saja tidak, karena latihan yang dilakukan pada pagi hari (karena udara masih bersih dan sejuk) berintensitas ringan, dan waktu melakukannya juga relatif singkat yaitu tiga puluh menit sehingga jumlah keringat yang hilang juga sangat minimal dan hal inilah yang menyebabkan rasa haus yang ditimbulkan tidak akan dirasakan dan masih dapat tertahankan.

Baca juga: Cara makan yang sehat dan "benar" selama menjalankan puasa Ramadhan

Bagaimana? Sudah siap dengan bulan Ramadhan yang lebih sehat dan lebih bersemangat? Coba lakukan tips puasa sehat dengan Sports Therapy di atas.


EmoticonEmoticon